// Robby Fajri Maulana // On-28 Sep 2014

Setelah sebelumnya telah dipelajari cara mencetak karakter dan kata dalam bahasa Assembly, kali ini saya akan memberitahukan cara membuat urutan karakter A-Z menggunakan bahasa Assembly.

Sebenarnya kita bisa membuat urutan karakter menggunakan perintah yang sama seperti cara kita mencetak kata seperti artikel sebelumnya. Namun cara tersebut membutuhkan banyak perintah dan terkadang merepotkan. Dengan cara ini, kita bisa membuat urutan karakter dengan lebih mudah dan cepat.

Sama seperti sebelumnya, kita masih membutuhkan aplikasi assembler berupa TASM, TLINK, dan RTM. Pertama, bukalah command prompt, kemudian masuk ke direktori assembly lalu buka text editor.


Untuk membuat urutan karakter, selain perintah-perintah sebelumnya, kita juga memerlukan beberapa perintah lain, yaitu mov cx, add, dan loop:

-cx: berfungsi untuk menyatakan berapa banyak karakter yang harus dibuat. Jika kita akan membuat urutan karakter A-Z, maka urutan karakter yang harus dibuat sebanyak 26 kali.

-add: berfungsi untuk menambahkan karakter baru dari urutan karakter sebelumnya. Jika kita akan membuat urutan karakter A-Z, maka karakter hanya akan ditambahkan sebanyak 1 kali.

-loop: berfungsi untuk mengulang perintah.

Untuk membuat urutan karakter A-Z, maka tulislah perintah berikut ini pada Text Editor:

.model small
.code
org 100h
proses:
            mov ah,02h
            mov dl,'A'
            mov cx,26
ulang:
            int 21h
            add dl,1
            loop ulang

            int 20h
end proses


Simpan file sebagai .asm file, lalu keluar dari text editor dan kembali ke command prompt.

Compile-lah file tadi menggunakan TASM, kemudian ubahlah menjadi .exe file menggunakan TLINK dan jalankan program. Jika sudah benar maka akan mendapatkan pesan seperti berikut


Selamat! anda telah berhasil membuat urutan kata menggunakan Assembly! Untuk melihat contoh file yang sudah jadi, silakan download di link dibawah ini. jalankan program menggunakan command prompt

Download link: (Mediafire|4shared)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments